x

Wali Kota Blitar Terima Penghargaan APE Kategori Madya Tahun 2020

Blitar Kota - Wali Kota Blitar mengikuti ceremonial pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Nasional tahun 2020 secara virtual di Ruang Kerja Wali Kota Blitar, Rabu (13/10/2021). Dalam kesempatan itu, Kota Blitar menerima penghargaan APE Kategori Madya.

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan penilaian APE tahun 2020 dilakukan (19/3/2021) lalu. Penghargaan yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (KEMENPPPA) ini, diberikan pada daerah yang berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Santoso menambahkan Kota Blitar mendapatkan penghargaan APE kategori pratama (pemula) tahun 2018. Tahun ini capaian itu meningkat dikategori madya (pengembang). Menurut Santoso, prestasi ini hasil kerjasama seluruh pihak dan masyarakat dalam pengarasutamaan gender. Selain itu, Pemerintah Kota juga terus meningkatkan media komunikasi informasi dan edukasi terkait kesetaraan gender maupun pemberdayaan gender melalui berbagai media masa. Pengarus utamaan gender (PUG) di Kota Blitar juga diwujudkan dalam kesetaraan di bidang pekerjaan.

“Alhamdulillah Kota Blitar telah mendapatkan kategori madya dalam penghargaan anugerah parahita ekapraya (ape) tahun 2020 yang di berikan tahun ini karena pada tahun 2020 masih dalam masa pandemi Covid-19” jelas Santoso.

Sementara itu, terdapat 7 komponen dalam penilaian APE diantaranya komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data gender, dan partisipasi masyarakat. (Fan)

Share icon
Dibaca : 16 kali